Rabu, 14 November 2012

http://fakfakinfo.com/2012/11/tarikan-sumbangan-hut-fakfak-ke-112-disoal-anggota-dewan.html


Sosialisasi Verifikasi Faktual Diwarnai Protes Parpol


Safii Yarkuran mempertanyakan posisi 2 komisioner KPUD Fakfak
Fakfakinfo.com_ Sosialisasi Verifikasi Faktual terhadap 16 Parpol yang diadakan oleh KPUD Kabupaten Fakfak pada Kamis (8/11) kemarin, diwarnai protes beberapa perngurus Parpol yang hadir. Mereka mempertanyakan posisi Ketua KPUD Fakfak, Markus Kripul dan salah seorang komisioner  KPUD, Zaskia Madu.
Dalam acara tersebut mengemuka, permasalahan Markus Krispul dan Zaskia Madu dapat mempengaruhi independensi KPUD sebagai penyelenggara Pemilu.
Ketua KPUD, Markus Krispul dituding telah menjadi pengurus DPD Partai Golkar Fakfak. Sedangkan Zaskia Madu, kini telah bertatus sebagai PNS yang bertugas di Kantor Sekretariat Dewan Kabupaten Fakfak.
Sekretaris DPC PKB Kabupaten Fakfak, Safii Yarkuran mengatakan, jika Ketua KPUD terbukti menjadi pengurus Parpol, maka verifikasi menjadi tidak sah dan ilegal.
“Takutnya, ketika pengurus partai politik di dalam KPU (menjadi anggota komisioner KPU, red), kemudian memverifikasi kami partai politik ini, itu tidak sah. Itu ilegal,” tegas Safii.
Sementara itu Ketua DPD PAN Kabupaten Fakfak, Clifford Ndandarmana, meminta perlunya KPUD Fakfak menjelaskan masalah Markus Kripul dan Zaskia Madu.
“Mungkin harus ada semacam pernyataan resmi dari institusi ini (KPUD Fakfak, red), menyangkut dua anggota KPUD. Kita tahu, Saudara Markus Krispul terlibat dalam salah satu struktur partai politik yang sekarang juga masuk dalam verifikasi faktual. Yang kedua, Saudari Zaskia Madu, kita tahu bahwa dia sudah sebagai pegawai negeri. Sehingga perlu pernyataan resmi dari institusi ini, apakah mereka berdua sudah mengundurkan diri dari anggota KPUD,” ujar Clifford.
Sedangkan sekretaris DPD Golkar Kabupaten Fakfak, Iwan Patiran menegaskan bahwa, Markus Kripul telah mengundurkan diri dari kepengurusan partai.
“Markus Krispul, sudah menyampaikan pengunduran dari dari Partai Golkar sejak beberapa minggu lalu. Mungkin karena hari ini agenda kita adalah sosialisasi verifikasi faktual, jadi kita tidak membawa surat tersebut,” tegas Iwan patiran.
Menanggapi penyataan dan protes dari beberapa pengurus partai politik yang hadir di ruang rapat KPUD Fakfak tersebut, Ketua KPUD Fakfak, Markus Krispul mengatakan bahwa akan ada penjelasan pada akhirnya.
“Nanti akan kami jelaskan pada akhirnya,” ujar Markus Krispul.
Acara sosialisasi ini akhirnya tetap dilanjutkan, meseki dengan catatan, beberapa pengurus Parpol tetap meminta masalah tersebut diklarifikasi lebih dulu, sebelum melakukan verivikasi faktual.

0 komentar:

Tinggalkan Pesan Anda :




WELCOME

Papua Song

Copy Code Bellow And Paste Your Page


Gratisan Lada Papua Barat

Pengikut

  © Blogger templates 'Sunshine' by ansel.com 2011

Back to TOP